Curug Cibeureum Bagi yang Suka Hiking Seru – Salah satu objek wisata yang jadi favorit di kawasan Wisata Cibodas adalah Curug Cibeureum atau Air Terjun Cibeureum. Nama Cibeureum berasal dari bahasa sunda yang berarti sungai merah, nama ini diambil dari nuansa merah dinding tebing yang terbentuk dari lumut merah yang tumbuh secara endemik di sana.

Dari sekian banyak air terjun atau curug di Cibodas, Curug Cibeureum adalah yang paling banyak dikunjungi dan salah satu favorit wisatawan saat musim liburan tiba.

Berbeda dengan Kebun Raya Cibodas yang dikhususkan untuk jalan-jalan keluarga, Mandalawangi Cibodas untuk termpat camping. Curug Cibeurum sepertinya diperuntukan bagi yang suka hiking sepanjang 2,6 km atau satu jam dengan berjalan kaki dari gerbang masuk Taman Nasional. melintasi kaki Gunung Gede Pangrango.

Meski lumayan jauh, tapi pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan sangat mempesona.

Spot Menarik Sepanjang Perjalanan ke Curug Cibeureum

Selama perjalanan hiking, Anda akan disuguhi beberapa spot menarik yang akan menghibur lelahnya perjalanan. Kebetulan jalur hiking ke Curug Cibeureum adalah jalur awal pendakian Gede Pangrango lewat Cibodas. Untuk pembelian tiket masuknya pun berada di pos awal pendakian Gede Pangrango. Berikut adalah spot-spot menarik yang akan Anda temui selama perjalanan hiking ke Curug Cibeureum.

Hutan dengan Flora & Faunanya

Indahnya hutan yang lebat akan Anda temui sepanjang jalur hiking. Pohon-pohon tersebut merupakan tanaman survival seperti begonia, suwangkung, dan korkolio. Ada pula tanaman obat seperti antanan yang berkhasitat untuk menetralisir dan menghambat pembuluh darah. Lalu ada pula teh benalu, kali urat, teh putih, cantigi, anggrek liar, jamuju, rasamala dan lainnya.

nuansa hutan menuju curug cibeureum

Selain itu, banyak spesies hewan yang hidup di hutan ini seperti Surili (monyet asal Jabar), lutung, tupai, elang Jawa, macan dahar, babi hutan, meunceuk, dan lainnya.

Telaga Biru

Spot lain yang menarik adalah Telaga Biru. Telaga atau danau yang akan Anda lewati ketika akan berkunjung ke Curug Cibeureum. Luasnya sekitar 0,25 ha. Dinamakan Telaga Biru karena air di telaga bisa berubah warna menjadi hijau, biru dan kecoklatan karena ganggang yang tumbuh di sekitar telaga.

Telaga Biru Curug Cibeureum

Bagi anda yang kelelahan, anda bisa beristirahat di tempat peristirahatan yang sengaja dibuat pengelola hutan.

Jembatan Rawa Gayonggong

Daya tarik lainnya Jembatan Rawa Gayonggong yang akan Anda lewati jika hiking ke Curug Cibeureum. Jembatan yang panjang tersebut melintasi sebuah rawa yang bernama Gayonggong. Jembatan ini juga spot menarik untuk selfie ria sambil melepas lelah.

jembatan gayonggong curug cibeureum

Setelah melewati Jembatan Rawa Gayonggong, nanti akan ditemukan persimpangan. Yang kesebelah kiri adalah rute pendakian Gunung Gede Panrango dan yang ke sebelah kanan yaitu menuju ke Curug Cibeureum.

Setelah lelah jalan kaki atau hiking, akhirnya Anda bisa melepas lelah dengan pemandangan Curug atau Air Terjun yang indah luar biasa ini.

air terjun curug cibeureum

Supaya lebih jelas, silahkan lihat video berikut yang menggambarkan perjalanan ke Curug Cibeureum.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

Bagi yang ingin hiking ke Curug Cibeureum, Anda cukup merogoh  Rp. 18.500/Orang sebagai biaya masuk dan tak ada biaya tambahan lainnya. Sediakan selalu perbekalan makanan dan kesehatan yang cukup karena selain cukup jauh, cuaca di Curug Cibeureum sangat dingin. Berada dikisaran 10 -18 derajat celcius.

Selamat berhiking ria 😀

 

 

Curug Cibeureum Bagi yang Suka Hiking Seru

You May Also Like

Tinggalkan Balasan